Kolaborasi Teknik Lingkungan ITS dan UNESCO IHE Belanda

Kolaborasi Teknik Lingkungan ITS dan UNESCO IHE Belanda

Surabaya (7/03) – Sebagai upaya untuk mengatasi permasalah penyediaan air bersih khususnya di daerah Surabaya dan Gresik, pada hari Selasa 7 Maret 2017 hinga 9 Maret 2017, dilaksanakan workshop training program. Kegiatan workshop training secara resmi dibuka oleh ketua LPPM ITS, Prof. Adi Soeprijanto. Workshop training ini dilaksanakan di Hotel Ibis, Basuki Rahmat, Surabaya sebagai salah satu rangkaian kegiatan kerjasama penelitian antara pihak Teknik Lingkungan, ITS dengan pihak UNESCO-IHE Institute for Water Education, Belanda dalam proyek AltWater mulai dari tahun 2016 hingga 2020.

Tema dalam workshop training program ini adalah studi penyediaan air bersih alternatif untuk perkotaan. Para peserta workshop training adalah staf ahli beberapa institusi di sektor air untuk wilayah Surabaya dan Gresik serta para staf ahli tingkat provinsi yang bertanggung jawab dalam bidang penyediaan ataupun pengelolaan sumber daya air di Jawa Timur. Para peserta pada workshop training ini adalah dari DLH Surabaya dan Gresik, Perum Jasa Tirta, PDAB Jatim, Satker SPAM Jatim, Bappeko Surabaya, Bappeda Gresik, Bappeda Jatim,Dinas PU SDA Jatim serta PDAM Surya Sembada dan PDAM Giri Tirta Gresik.
Workshop training yang digelar selama 3 hari ini terdiri dari berbagai materi mengenai kondisi penyediaan air bersih di Surabaya dan Gresik, penjelasan penyediaan air bersih perkotaan secara umum, analisis kondisi terkini dalam hal penyediaan dan penggunaan air bersih, serta penilaian untuk sumber air bersih alternatif yang memungkinkan untuk diterapkan dalam penyediaan air bersih. Materi workshop training tersebut disampaikan oleh para ahli bidang penyediaan air bersih dari Teknik Lingkungan ITS, yaitu Prof. Dr. Ir. Wahyono Hadi dan Ir. Eddy Setiadi S, Ph.D. Selain itu, materi juga disampaikan oleh perwakilan dari UNESCO-IHE Belanda, Dr. Janezz Susnik selaku ketua tim AltWater Project dan Assoc. Prof. Saroj Sharma selaku salah satu anggota tim dan dosen pada bidang penyediaan air bersih di UNESCO-IHE Belanda.
Dr. Janez juga memberikan materi mengenai tahapan analisis yang bisa dilakukan instansi terkait sumber air bersih alternatif yang berpotensi diterapkan untuk mengatasi permasalahan penyediaan air bersih. Sementara itu, Assoc. Prof. Sharoj memberikan presentasi yang sangat menarik mengenai manajemen sumber air bersih di perkotaan. Para peserta workshop training juga begitu antusias dan terlibat diskusi aktif selama pemberian materi berlangsung.

Rangkaian kegiatan workshop training yang telah dilakukan ini harapannya bisa memberikan tambahan pengetahuan dan meningkatkan skill para staff di instansi yang bergerak pada sektor air dalam merencanakan penyediaan air skala perkotaan. Selain itu, para staff juga bisa turut ikut serta dalam mewujudkan kota yang tahan terhadap penyediaan air dengan ikut melakukan studi sumber air bersih alternatif yang potensi diterapkan di masyarakat.

Setelah acara workshop training berakhir pada tanggal 9 Maret 2017, Dr. Janez dan Assoc. Prof. Saroj bersama dengan Prof. Wahyono dari Teknik Lingkungan ITS melakukan kunjungan ke PDAM Surya Sembada Surabaya untuk melihat proses pengolahan air pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) Karangpilang II. Keesokan harinya (10/03) juga melakukan kunjungan ke Bappeda Kabupaten Gresik. Pada kunjungan ke Bappeda Gresik ini pihak PDAM Giri Tirta Gresik memberikan presentasi mengenai kondisi penyediaan air bersih di Kabupaten Gresik serta memberikan ulasan rencana jangka pendek dan jangka panjang dalam pemenuhan kebutuhan air bersih sampai 5 tahun mendatang. Diskusi menarik juga terjadi sepanjang presentasi dan dilanjutkan dengan melihat instalasi pengolahan air (IPA) Kabupaten Gresik di daerah Griyorejo.
Selepas kunjungan lapangan dari Gresik, Dr. Janez memberikan kuliah tamu pada para mahasiswa/i S1 dan S2 Teknik Lingkungan ITS dengan tema Integrated Urban Water Management. Dr. Janez mengulas secara detail mengenai langkah-langkah untuk mewujudkan manajemen sumber daya air yang terintegrasi di perkotaan serta analisis pencapaian sebuah kota dalam menerapkan manajemen SDA yang terintegrasi.

Kuliah tamu ditutup secara resmi dengan pemberian plakat sebagai cinderamata Teknik Lingkungan ITS kepada perwakilan dari UNESCO-IHE Belanda sebagai pemateri selama Workshop Training AltWater Project serta kuliah tamu yang telah diberikan. Terima kasih Dr. Janez dan Assoc. Prof. Saroj!