Kegiatan OKKBK Departemen Teknik Lingkungan

Kegiatan OKKBK Departemen Teknik Lingkungan

Kegiatan tahunan Orientasi Keprofesian dan Kompetensi Berbasis Kurikulum (OKKBK) kembali diadakan. Gelaran wajib bagi setiap mahasiswa baru ini pun disambut apik oleh seluruh peserta angkatan 2017. Berseragam hitam putih khas pelatihan, puluhan mahasiswa tersebut berbondong-bondong datang untuk mengenal Departemen Teknik Lingkungan lebih jauh selama empat hari, sejak Selasa (22/8).

Muhammad Awaluddin, Ketua OKKBK 2017 menjelaskan, kendati seluruh agenda kegiatan masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya, namun menurutnya tahun ini lebih santai dan menarik. “Para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, disamping penugasan-penugasan yang memang tidak terlalu berat,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Udin ini. Meski jadwal kegiatan yang beruntut setelah Generasi Integralistik (Gerigi) 2017 dilaksanakan, nyatanya, lanjut Udin, banyak peserta yang mengajukan pertanyaan saat penyampaian materi.

OKKBK 2017 diawali dengan pengenalan terkait Departemen Teknik Lingkungan secara umum, kurikulum, dan dosen-dosen yang ada. Selain itu, terdapat materi mengenai menjadi mahasiswa yang baik. Pengenalan Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL), Ikatan Mahasiswa Teknik Lingkungan Indonesia (IMTLI), maupun mahasiswa berprestasi akademik dan non akademik.

“Mereka juga diajak keliling tur fasilitas di TL, juga belajar memilah sampah dari KPPL (Komunitas Pecinta dan Pemerhati Lingkungan, red),” tutur Udin.

Menurutnya, kegiatan wajib bagi setiap departemen di ITS ini sangat penting karena bertujuan untuk mengenalkan Departemen itu sendiri lebih dalam.. “Sehingga ketika memasuki perkuliahan, mereka lebih dekat dengan departemennya dan dapat menyesuaikan diri serta beradaptasi dengan baik,” tegasnya.

Ia pun berharap, kegiatan ini dapat dipersiapakn lebih matang untuk kedepannya. “Penugasan dan peraturan lainnya bisa lebih di konsep lebih baik, agar jalannya kegiatan tetap kondusif,” tandasnya. (fan)

Sumber: http://hima.enviro.its.ac.id/