IKA Alumni TL menyelenggarakan Kuliah tamu

IKA Alumni TL menyelenggarakan Kuliah tamu

IKA Alumni TL menyelenggarakan Kuliah tamu dengan topik:

Pencemaran Udara dan Permodelan Emisi, dengan pembicara Rahardi Mahardika, ST. dan Muh. Furoidin Nais, ST., MT.  yang  sampaikan oleh pembicara tersebut tentang Permasalahan lingkungan hidup yang terjadi dewasa ini, merupakan suatu wacana korektif terhadap paradigma pembangunan di Indonesia. Terjadinya krisis terhadap lingkungan hidup semakin memperjelas adanya perencanaan pembangunan yang bias antara pertumbuhan ekonomi dengan lingkungan. Hal ini menyebabkan adanya kerusakan sumber daya alam dan adanya pencemaran lingkungan. Lebih lanjut Wijoyo (2005) mengungkapkan bahwa pelaksanaan otonomi daerah dinilai banyak pihak telah menghasilkan pencemaran dan perusakan lingkungan di setiap bagian kehidupan rakyat. Hal ini terjadi sebagai akibat dari proses pembangunan di daerah yang mengutamakan pertumbuhan ekonomi dan mengenyampingkan kondisi lingkungan. Dampak lebih jauh, biaya pemulihan lingkungan hidup yang harus ditanggung oleh pemerintah dan masyarakat jauh lebih besar daripada manfaat ekonomi yang didapatkan. Bank Dunia (2007) melaporkan bahwa biaya ekonomi akibat kerusakan tanah di Indonesia sebesar US$ 562 juta. Nilai ini masih lebih kecil bila dibandingkan dengan kerusakan akibat pencemaran udara (US$ 5,5 miliar) dan pencemaran air, sanitasi dan hygiene (US$ 7,7 miliar).

Mencermati kondisi tersebut, pengendalian pencemaran lingkungan, khususnya pencemaran udara menjadi kebutuhan yang sangat mendesak di Indonesia. Kajian terhadap aspek lingkungan hidup sangat penting dilakukan dan diintegrasikan ke dalam perencanaan pembangunan di daerah. Berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, implementasi kajian aspek lingkungan hidup yang memperhatikan batas kemampuan lingkungan hidup maupun standar kebutuhan perikehidupan perlu disepahami oleh para penyusun kebijakan, rencana maupun program dan para pemangku kepentingan di daerah.

Kegiatan Kuliah Tamu ini merupakan pelaksaaan program kerja tahunan Bidang Pengembangan Sumberdaya Manusia Keteknikan Lingkungan sebagai wujud peran serta alumni dalam upaya mendorong pengkajian pengendalian pencemaran udara di Indonesia. Harapannya, melalui kegiatan ini akan menambah wawasan dan memperkaya kajian pencemaran udara.

dilaksnakan pada tanggal 04 Oktober 2017 di Ruang Sidan Departemen Teknik Lingkungan FTSLK-ITS Lantai 2 dangen peserta kurang lebih 80 Mahasiswa Deaprtemen Teknik Lingkungan dan di hadiri oleh beberapa Alumni Teknik Lingkungan IKA-TL-ITS. Adapun foto Kegiatan Kuliah Tamu ada di bawah ini: