Liputan Guest Lecture Series 2018 Session #1- Operasi dan Pemeliharaan IPA Surya Sembada

Liputan Guest Lecture Series 2018 Session #1- Operasi dan Pemeliharaan IPA Surya Sembada

Kuliah tamu dengan subtheme: Operasi dan pemeliharaan IPA Surya Sembada ini membahas tentang tujuan dasar pengolahan air besih. Dengan berlatar belakang tahapan pengolahan air bersih yang dipergunakan sangat beragam tergantung pada jenis sumber air baku yang dipergunakan.

Untuk air baku yang berasal dari sumber air tanah  (mata air dan sumur) memerlukan proses produksi lebih sederhana,sedangkan untuk air baku yang berasal dari air permukaan (danau, telaga, atau sungai) sistem pengolahan yang dipergunakan harus lebih lengkap karena harus menghilangkan/mengurangi impurities yang terdapat di dalam air baku. Secara umum tahapan proses pengolahan air bersih lengkap secara berurutan meliputi: Intake -> Proses prasedimentasi -> proses koagulasi-flokulasi -> proses sedimentasi -> proses filtrasi -> proses aerasi -> proses desinfeksi.

Untuk mengoptimalkan operasional proses pengolahan air yang sudah ada dapat  dilakukan dengan cara  mengembalikan sesuai dengan desain kapasitas semula (re-rating) atau dengan menambah kapasitas (up-rating).