Hari Air Sedunia 2015World Water Day 2015

What is Water to You?

Dua puluh dua Maret merupakan tanggal yang ditunggu-ditunggu oleh mahasiswa Teknik Lingkungan ITS Surabaya. Mengapa? Karena tahun 2015 ini bukan pertama kalinya Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan ITS Surabaya memperingati Hari Air Sedunia yang dinaungi oleh UN Water. Tema yang dikeluarkan oleh UN Water di tahun 2015 ini yaitu “Water and Sustainable Development”.

Dua rangkaian acara utama yang kami laksanakan terdiri dari pre-event dan main event. Untuk pre-event, di hari Jumat kami menggalakkan campaign sederhana dengan cara mengumpulkan massa untuk berfoto dengan tulisan #WaterIs… untuk mengetahui aspirasi warga KM ITS tentang arti air bagi mereka. Kami juga melakukan penyuluhan untuk menjaga Kali Surabaya ke warga Driyorejo Gresik pada Sabtu, 21 Februari 2015 dan warga Karang Pilang Surabaya pada Sabtu, 7 Maret 2015. Selain itu, kami juga mengadakan lomba fotografi untuk umum dengan tema “SaveWaterSaveLife”. Sedangkan untuk main event dilaksanakan selama dua hari, yaitu 21 Maret 2015 dan 22 Maret 2015. Pada hari Jumat, 21 Maret 2015, bertempat di lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan, kami mengadakan Water Day for Kids dengan sasaran siswa-siswi di 5 Sekolah Dasar di sekitar ITS. Kami ingin memperkenalkan bahwa dunia juga turut berpartisipasi dalam rangka #SaveWaterSaveLife. Acara yang terdiri dari lomba ranking satu, menulis surat untuk presiden, dan menggambar serta mewarnai ini berlangsung dari pagi hingga siang hari.

Di sore hingga malam harinya berlangsung acara bernuansa Pasar Malam Minggu ITS yang bekerjasama dengan Kementerian Perekonomian BEM ITS. Selain stand-stand makanan, minuman, pakaian, dan lain-lain, yang special di sini adalah stand khusus Enviro Project Expo (EPE) yang memamerkan karya Teknik Lingkungan khusus teknologi pengolahan air. Di antaranya adalah pemodelan sistem drainase skala kawasan, pengolahan air hujan menjadi air siap minum, hydrocyclone, dan beberapa project dari mahasiswa kelautan dan perkapalan. Di sekitar stand EPE, hasil karya peserta fotografi dipamerkan untuk kemudian divote mencari yang karya terbaik. Terdapat sekitar 30 fotografi yang dipamerkan.

Minggu, 22 Maret 2015 merupakan puncak acara peringatan Hari Air Sedunia 2015 bekerjasama dengan KLH (Konsorsium Lingkungan Hidup). Seperti tahun-tahun sebelumnya, kamii mengadakan susur sungai, kali ini bertempat di Sungai Rolak Surabaya. Inti acaranya adalah menebar benih ikan, mengambil sampah-sampah di sungai sambil menyusuri dengan perahu. Peserta susur sungai yang hadir adalah undangan dari komunitas-komunitas lingkungan, delegasi HMJ se-ITS, PU, Jasa Tirta dan Garda Lingkungan.

Peringatan Hari Air Sedunia ini merupakan hari perayaan yang ditujukan untuk menarik perhatian masyarakat sedunia (internasional) akan pentingnya air bagi kehidupan serta untuk melindungi pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan.