Environation 2015Environation 2015

Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Lingkungan FTSP ITS mengadakan gawe besar berjuluk ENVIRONATION 2015. Environation merupakan acara tahunan yang telah diadakan kedua kalinya. Pada tahun ini environation lebih concern ke arah sustainable development. Hal ini dilandaskan dari akan berakhirnya program MDG’s (Millenium Development Goals) milik PBB pada 2015 dan akan dimulainya program pembangunan pasca-2015 yang dikenal dengan SDG’s (Sustainable Development Goals) . Environation terdiri dari beberapa rangkaian acara yaitu:

A. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI)

Kegiatan ini sebagai bentuk kegiatan jurusan Teknik Lingkungan FTSP ITS dalam bidang keprofesian. Terdiri dari LKTI (Lomba KaryaTulis Ilmiah) untuk siswa SMA/sederajat dan Mahasiswa Perguruan Tinggi sub-tema untuk LKTIN ini adalah sebagai berikut :

– Eco- Innovation for Green Building
– Green Technology for Green Building
– Sustainable Design for Green Building

Pendaftaran LKTI telah dilaksanakan dimulai dari tanggal 5 Januari-7 Maret 2015. Pengumpulan berkas LKTI pada tanggal 15 Maret 2015. Kemudian dilakukan pengumuman peserta yang lolos ketahap presentasi beserta maket/prototipe yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2015. Peserta lolos diambil sebanyak 8 tim.

B. Eco Challenge

Lomba EC ini memiliki skala peserta tingkat Nasional. Penyisihan akan dilakukan secara online dan kompetisi ini berbentuk rally games yang berisi tes tertulis, percobaan sederhana di laboratorium dan juga cerdas cermat. Pada tanggal 22 Maret 2015 telah dilaksanakan seleksi online sehingga yang lolos pada tahap semi final sebanyak 9 tim, yang telah diumumkan pada tanggal 30 Maret 2015. Kemudian dilakukan penyisihan yang akan dilakukan dijurusan Teknik Lingkungan dalam bentuk running lab dan rally games untuk memperoleh peringkat 1 sampai 3 yang akan diadaka pada tanggal 18 April 2015.

C. Environmental Youth Mini Conference (EYMC)

EYMC merupakan salah satu rangkaian acara environation yang berkonsep mini conference. Pada tahun ini EYMC mengambil tema “Green Industry for Sustainable Economic Growth”. EYMC kali ini akan mendatangkan pembicara yaitu Ir. Sudarto, MN (kepala BBTP Pencemaran Udara), Lailatun Nikmah ( Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi) dan Erlin Guntoro ( founder Ayo rek Surabaya). Kegiatan EYMC dilaksanakan pada tanggal 24 April 2015. Tahun ini diskusi dalam EYMC dilaksanakan secara komunal tanpa ada pembagian cluster. Pada Kegiatan ini juga bakal akan diadakan Focus Group Discussion yang dimana hasil dari FGD tersebut akan diimplementasikan pada saat aksi&parade dan juga akan diberikan pada pihak pemerintah sebagai poin rekomendasi.

D. Tanam Pohon

Kegiatan Tanam Pohon diadakan guna meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memelihara lingkungan yang hijau. Tanam Pohon diadakan di lahan milik DKP pada tanggal 19 April 2015 . Tanam Pohon dilakukan pada pagi hari. Peserta tanam pohon adalah para peserta lomba LKTI dan Eco Challenge serta masyarakat umum dan komunitas-komunitas yang diundang. Merupakan rangkaian acara terakhir yang akan diikuti oleh peserta LKTIN dan Eco Challenge sekaligus merupakan momen penyerahan hadiah kepada para pemenang LKTIN dan EC.

E. Earth Day (uji emisi, aksi dan parade)

Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada 22 April , event ini diadakan sekaligus menjadi puncak penutupan dalam serangkaian main event Environation pada tanggal 25 April 2015. Akan ada aksi Uji Emisi bagi kendaraan beroda 2 dan beroda 4 dari pagi hingga siang hari dan aksi Green Parade yaitu longmarch bertempat di taman surya pemkot sambil membawa flyer atau poster oleh maskot-maskot berbaju daur ulang. Dan juga sebagai bentuk penyampaian aspirasi dari pembahasan FGD pada saat EYMC.

Demikian pemaparan mengenai big event ENVIRONATION 2015. Jika ada saran dan kritik bisa melalui email event@hmtl-its.org mailto:ra_raras@yahoo.co.id