Kurikulum Program Sarjana (S1) dapat diunduh sebagai berikut:

Kurikulum Berbahasa Indonesia:

[gview file=”http://202.46.129.126/docs/pages/Kurikulum/Katalog_S1_2014-2019.pdf”]

Jumlah SKS minimum untuk kelulusan adalah 144 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah SKS Keterangan
(1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 136 Seluruh mata kuliah (kecuali kerja praktek (2 sks) dan skripsi/tugas akhir (6 sks)) diselenggarakan secara klasikal dengan jumlah mahasiswa sekitar 40 orang per kelas. Mata kuliah tersebut dikelompokkan menjadi 9 rumpun mata kuliah, yaitu: Air minum, Air buangan, Limbah padat dan B-3, Pengelolaan kualitas udara, Sanitasi lingkungan dan fitoteknologi, Dasar-dasar perencanaan, Manajemen lingkungan, Kewirausahaan, dan Metodologi penelitian.
Mata Kuliah Pilihan 8 Jumlah mata kuliah pilihan yang disediakan adalah 15 mata kuliah (@ 2 sks) yang dapat dipilih mahasiswa mulai semester VI. Mahasiswa diberikan kebebasan memilih mata kuliah pilihan sesuai dengan minatnya.
Jumlah Total 144

Berikut adalah Praktikum/Workshop baik di dalam mata kuliah ataupun praktikum mandiri yang diselenggarakan di TL ITS.

No. Nama Praktikum/Praktek Isi Praktikum/Praktek Tempat/Lokasi Praktikum/Praktek
Judul/Modul Jam Pelaksanaan
(1) (2) (3) (4) (5)
1 Kimia Lingkungan I Materi:
– Prediksi kation anion dengan pengukuran daya hantar listrik
– Analisis gravimetri
– Pembuatan larutan standar dan standarisasi
– Titrasi asam basa
– Titrasi iodometri
– Analisis spektrofotometri
– Prinsip pengukuran kalor
7 x 2 jam Lab. Pemulihan Air
2 Kimia Lingkungan II Materi:
– Dasar ekstraksi
– Dasar absorpsi, adsorpsi
– Kinetika reaksi
– Elektrokimia
– Prinsip analsis dengan kromatografi
– Fotokimia
– Dasar-dasar pemekatan sampel
7 x 2 jam Lab. Pemulihan Air
3 Menggambar Teknik Dasar menggambar dan Gambar Bangunan Pengolahan Air secara manual dan komputer 8 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen
4 Mikrobiologi Lingkungan Materi:
– teknik sterilisasi,
– teknik pembuatan media cair dan media padat,
– teknik identifikasi mikroorganisme,
– teknik inokulasi mikroorganisme,
– pewarnaan bakteri,
– teknik identifikasi produk metabolisme anaerobik dan aerobik,
– teknik penentuan tingkat pencemaran air: teknik pengambilan sampel, metoda Most Probable Number dan metoda membrane filter,
– biodegradasi polutan organik,
– perhitungan mikroorganisme dengan metode pengenceran,
– komposting dan pembentukan biogas
– analisis enzim
– analisis mikroba di udara
12 x 2 jam Lab. Ekotoksikologi
5 Teknik Analisis Pencemar Lingkungan Materi:
– Parameter kualitas air bersih
– Parameter kualitas air limbah
– Karakteristik sampah
10 x 2 jam Lab. Pemulihan Air
6 Perpetaan Teknik pengukuran dan pemetaan menggunakan waterpass, theodolit, tachimetri, dan total station 2 x 6 jam dan 4 x 2 jam Lahan ITS sekitar kampus
7 Plumbing Perancangan Sistem Plumbing Gedung Bertingkat 8 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen
8 Pemantauan Kualitas Udara Pemantauan Kualitas Udara Embient pada beberapa lokasi peruntukan 4 x 2 jam Lab. Kualitas Udara
9 Pengolahan Air Minum Materi:

– Pengadukan

– Sedimentasi tipe I dan II

– Aerasi

– Filtrasi

4 x 2 jam Lab. Pemulihan Air
10 Sistem Drainase Perkotaan Perancangan Sistem Drainase skala Kota 8 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen
11 Sistem Penyaluran Air Limbah Perancangan Sistem Penyaluran Air Limbah skala Kota 8 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen
12 Pengolahan Air Limbah Materi:

– Pertukaran ion

– Adsorpsi karbon aktif

– Presipitasi

– Produksi biomass

– Penentuan biokinetika secara aerobik dan

Sludge Thickening

6 x 2 jam Lab. Pemulihan Air
13 Sistem Penyediaan Air Minum Perancangan Sistem Penyediaan Air Minum skala Kota dengan Sistem Perpipaan 8 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen
14 Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Minum dengan air baku air permukaan dengan kapasitas pengolahan minimum 100 L/detik 12 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen
15 Pengelolaan Sampah perencanaan pengangkutan sampah, tempat pengolahan sampah terpadu, dan sanitary landfill skala kota 8 x 2 jam Lab. Limbah Padat dan B3
16 Analisis Mengenai Dampak Lingkungan penyusunan dokumen AMDAL (KA, Andal, RKL, RPL dan RE), praktek seminar AMDAL dan penilaian dokumen AMDAL 8 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Kelas
17 Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah Perencanaan Bangunan Pengolahan Air Limbah dari perkotaan dengan kapasitas pengolahan minimum 100 L/detik 12 x 2 jam Mandiri dan di Ruang Dosen

Program pembelajaran di TL ITS sangat ditentukan oleh kesesuaian kurikulum dengan kepentingan berbagai pihak baik dari internal maupun eksternal. Untuk itu desain kurikulum dilakukan dengan cermat dan memperhatikan masukan dari berbagai pihak.

Evaluasi erhadap silabus mata kuliah dilakukan tiap smester. Isi mata kuliah ini dituangkan dalam Rancangan Pembelajaran (atau GBPP) yang selanjutnya diberikan kepada mahasiswa peserta kuliah. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum tahun 2009. Kurikulum ini disusun setelah dilakukan evaluasi menyeluruh terhadap kurikulum sebelumnya (kurikulum tahun 2004), di mana evaluasi menyeluruh dilakukan setiap lima tahun. Evaluasi dan penyusunan kurikulum melibatkan seluruh civitas akademika, calon pengguna lulusan, baik dari instansi pemerintah maupun swasta, alumni, LSM, organisasi profesi dan pakar lingkungan dari perguruan tinggi lain. Pada Tabel berikut disajikan beberapa perubahan kurikulum dari Kurikulum 2004 menjadi Kurikulum 2009.

No. No. MK Nama MK MK

Baru/

Lama/Hapus

Perubahan pada Alasan Peninjauan Atas usulan/ masukan dari Berlaku mulai Sem./Th.
Silabus/SAP Buku Ajar
(1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9)
1 RE 091201 Fisika Lingkungan I Baru P P Perubahan dari Fisika Dasar I agar pengetahuan dasar yang dipelajari lebih fokus pada masalah lingkungan Rapat dosen Gasal 2009/10
2 RE 091203 Fisika Lingkungan II Baru P P Perubahan dari Fisika Dasar II agar pengetahuan dasar yang dipelajari lebih fokus pada masalah lingkungan Rapat dosen Genap 2009/10
3 RE 091306 Hidrolika Baru P Perubahan dari Mekanika Fluida karena yang dipelajari fokus pada aliran air Rapat dosen Gasal 2009/10
4 PL1407 Satuan Operasi Hapus Materi diintegrasikan ke dalam MK Pengolahan Air Minum Rapat dosen Gasal 2009/10
5 RE 091308 Pemantauan Kualitas Udara Baru P P Penajaman materi dari MK Pengelolaan Kualitas Udara Rapat dosen Genap 2009/10
6 PL1512 Sistem Penyaluran Air Buangan dan Drainase Hapus Dipecah menjadi MK Sistem Penyaluran Air Limbah dan MK Sistem Drainase Perkotaan agar pembahasan materi kuliah lebih terarah Rapat dosen Gasal 2009/10
7 RE 091315 Konservasi Sumber Daya Air Baru P P Merupakan upaya memfokuskan materi dari MK sebelumnya, yakitu Manajemen Kualitas dan Sumber Daya Air Rapat dosen Genap 2009/10
8 RE 091336 Teknik Pengolahan Air Mutakhir Baru P P Mengantisipasi perkembangan teknologi pengolahan air terkini Rapat dosen Gasal 2009/10
9 RE 091338 Fitoteknologi Baru P P Mengantisipasi perkembangan teknologi pengolahan air limbah Rapat dosen Gasal 2009/10
10 RE 091337 Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat Baru P P Mengantisipasi kecenderungan pembangunan yang menggunakan pola pembangunan berbasis masyarakat Rapat dosen Gasal 2009/10

Proses Pembelajaran

Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang menantang, mendorong mahasiswa untuk berpikir kritis bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan aneka sumber. Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Mekanisme Monitoring Perkuliahan

Pelaksanaan kuliah di program studi ini dimonitor melalui daftar kehadiran dosen dan mahasiswa. Daftar hadir ini mencakup juga catatan mengenai materi kuliah yang telah disampaikan. Oleh petugas administrasi Jurusan, pelaksanaan kuliah ini dilaporkan secara berkala (sebulan sekali) kepada Dekan/Pembantu Dekan I sebagai lembaga yang bertanggung jawab terhadap penjaminan mutu di tingkat fakultas. Dosen yang tidak memenuhi persyaratan jumlah kehadiran (minimum 90% dari waktu yang direncanakan) akan mendapatkan peringatan dari dekan. Bila sampai akhir semester, dosen tersebut belum juga mencapai syarat kehadiran minimum, maka mata kuliah tersebut tidak dapat dievaluasi dan dosen akan dipanggil oleh dekan. Bila hal ini berulang pada semester berikutnya, maka dosen akan dikenakan peraturan disiplin pegawai negeri dan masalah ini akan dilimpahkan kepada pimpinan ITS.

Penggunaan Umpan Balik untuk Desain Kurikulum

Dalam perencanaan kurikulum, TL ITS senantiasa menerima masukan dari berbagai pihak demi perbaikan proses pembelajaran. Umpan balik ini kami terima baik dari dosen, mahasiswa, alumni, maupun pengguna lulus (employer dan stakeholder).

Masukan dari dosen terutama mengenai metode pembelajaran dan proses pembelajaran termasuk kesesuaian dari kurikulum dan kompetensi dari lulusan. Untuk itu demi perbaikan kurikulum secara berkesinambungan kami: 1) melaksanakan review kurikulum secara berkala. 2) membuat serta mengimplementasikan rencana pembelajaran yang telah disusun.

Umpan balik dari mahasiswa yaitu evaluasi mutu penyelenggaraan perkuliahan dimana mahasiswa mengisi form indeks pengajaran dosen (IPD). Form ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk semua mata kuliah pada tiap akhir semester. Hasil evaluasi ini direkap sehingga diperoleh indeks pengajaran dosen (IPD). Berdasarkan hasil IPD ini, pimpinan fakultas atau ITS akan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki mutu pembelajaran.

Umpan balik dari alumni yaitu mengenai kesesuaian materi yang didapatkan di kuliah dengan dunia kerja. Serta kemudahan mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu lingkungan. Bahan ini menjadi masukan pada saat lokakarya kurikulum dan kemudian akan digunakan sebagai pertimbangan dalam review dari kurikulum.

Umpan balik dari pengguna lulusan terutama mengenai profesionalitas dan kompetensi dari lulusan Jurusan Teknik Lingkungan yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam penyusunan kurikulum.

Saat ini kami merancang sebuah survei komprehensif yang akan menangkap umpan balik dari seluruh elemen di atas ke dalam satu pengelolaan. Selama ini umpan balik dilakukan secara survei yang belum dikelola secara sempurna serta sebagian umpan balik diterima dalam bentuk komunikasi langsung dan personal dengan civitas akademisi di TL ITS sehingga tidak terekam dengan baik.

Penjaminan Mutu

Penjaminan mutu pada tingkat program studi dilakukan melalui pembentukan rumpun mata kuliah. Ada sembilan rumpun mata kuliah, yaitu Air minum, Air buangan, Limbah padat dan B-3, Pengelolaan kualitas udara, Sanitasi lingkungan dan fitoteknologi, Dasar-dasar perencanaan, Manajemen lingkungan, Kewirausahaan, dan Metodologi penelitian. Pembentukan rumpun mata kuliah dimaksudkan sebagai wadah bagi dosen-dosen dengan bidang keahlian sejenis untuk saling memberikan masukan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penjaminan mutu ini selanjutnya dibawa ke tingkat rapat dosen yang melibatkan seluruh dosen program studi. Evaluasi kurikulum dalam rapat dosen dilakukan secara berkala (setiap semester). Hasil evaluasi bisa berupa perubahan mata kuliah atau sekedar penyesuaian isi mata kuliah. Isi mata kuliah ini dituangkan dalam Rancangan Pembelajaran (dahulu GBPP) yang selanjutnya diberikan kepada mahasiswa peserta kuliah. Pada akhir dari masa perkuliahan, mahasiswa akan memberikan evaluasi terhadap pelaksanaan kuliah selama satu semester, hasilnya adalah IPD (Indeks Pengajaran Dosen).

Untuk menjamin bahwa perkuliahan telah dilaksanakan, Jurusan Teknik Lingkungan menugaskan seorang staf administrasi untuk memantau pelaksanaan perkuliahan. Hasil pemantauan ini dilaporkan kepada dekan FTSP setiap empat minggu selama satu semester. Dekan akan memberikan peringatan kepada dosen yang kehadiran kuliahnya kurang dari 90%.

Penjaminan mutu perkuliahan dilakukan secara berjenjang melalui Self Assesment Report (SAR). Pada tingkat pertama, SAR dibuat oleh dosen pengampu mata kuliah, dilanjutkan oleh Koordinator rumpun mata kuliah dan tim mutu jurusan. Selanjutnya dinilai oleh tim fakultas dan ITS. Mekanisme pelaporan tersebut dirancang dan di evaluasi oleh Pusat Jaminan Mutu (PJM). Selain evaluasi mutu kurikulum, TL ITS senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kualitas mutu manajemen untuk meningkatkan mutu lulusan sesuai kompetensinya.

Kompetensi Lulusan S1 TL ITS

Setelah menempuh pendidikan di ITS, diharapkan lulusan menjadi sarjana teknik lingkungan yang mempunyai kompetensi sebagai berikut:

1. Ahli bidang Rekayasa Teknologi Lingkungan meliputi :

• Rancang bangun bangunan pengolahan air minum dan air limbah industri maupun domestik
• Rancang bangun sistem drainase permukiman
• Rancang bangun instalasi pengendalian pencemar udara
• Rancang bangun instalasi pengolah limbah padat domestik dan industri

2. Ahli bidang Pengelolaan lingkungan :

• Analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL)
• Sistem manajemen lingkungan (SML)
• Audit lingkungan
• Pengelolaan baku mutu lingkungan
• Produksi bersih (cleaner production)
• K-3/HSE (health and safety environment)
• Pengelolaan limbah cair dan padat serta B3
• Pengelolaan kualitas udara

Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa diberikan mata kuliah dengan kode RE0913yz sebanyak 88 sks (61 %).

Kompetensi Pendukung Lulusan S1 TL ITS

Kompetensi pendukung yang harus dimiliki lulusan Program Studi Teknik Lingkungan ITS adalah kemampuan untuk menerapkan matematika, ilmu pengetahuan dasar, dan prinsip rekayasa. Kemampuan tersebut diperlukan untuk mendukung tercapainya kompetensi utama. Mata kuliah yang termasuk dalam kelompok kompetensi pendukung adalah mata kuliah dengan kode RE0912yz sebanyak 42 sks (29 %).

Selain kompetensi utama dan kompetensi pendukung, lulusan diharapkan mempunyai kompetensi lainnya yang merupakan soft skills, yaitu:
1. Kemampuan untuk mendayagunakan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal
2. Kemampuan berbahasa asing baik lisan maupun tulisan
3. Kemampuan berkomunikasi secara efektif
4. Kemampuan bekerjasama dalam tim
5. Kemampuan kepemimpinan
6. Sikap technopreneur
7. Komitmen terhadap etika dan tanggung jawab profesi
8. Kepribadian dengan integritas yang tinggi, menjunjung tinggi tata nilai dan moral dalam membina kehidupan yang beradab dan bermartabat, serta berwawasan lingkungan
Untuk mencapai kompetensi tersebut, mahasiswa diberikan mata kuliah dengan kode RE0911yz atau IG091xyz sebanyak 14 sks (10 %) dan ditambah dengan beberapa kegiatan ekstra kurikuler yang dinilai dengan SKEM (satuan kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa). Setiap mahasiswa program S1 harus mengumpulkan nilai SKEM minimum 1000 sebagai syarat kelulusan.

Peningkatan Mutu Lulusan

Lulusan akan memiliki mutu lebih baik jika input (calon mahasiswa) baik dan dalam proses pembelajaran diberikan kurikulum yang baik, fasilitas yang cukup, kesempatan mahasiswa mengembangkan diri baik, dan metode pembelajaran yang baik dan terevaluasi, maka jurusan teknik Lingkungan melakukan hal tersebut antara lain:

• Kurikulum dievaluasi secara mendasar dengan melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat pengguna dan alumni setiap 5 tahun, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum tiap semester

• Meningkatkan fasilitas pendukung pembelajaran mandiri mahasiswa selama di kampus, antara lain: musholla, ruang dan tempat diskusi, tempat-tempat duduk dan meja disekitar kelas yang bisa digunakan untuk diskusi dan mengerjakan tugas bersama, ruang baca, laboratorium kimia dan komputer, internet dengan wifi gratis untu mahasiswa.

• Kesempatan bagi mahasiswa tingkat atas untuk menjadi asisten dan membimbing praktikum bagi mahasiswa tingkat dibawahnya, grader untuk beberapa tugas besar, kesempatan penelitian dan pengabdian bersama dosen

• Menerapkan syarat kelulusan dengan TOEFL min 450, untuk meningkatkan kualitas kompetensi global mahasiswa.

• Adanya program PKL dan Kuliah Lapangan bagi mahasiswa yang akan lulus, untuk mengenalkan kondisi dunia kerja dan relevansi ilmu

• Dalam proses pembelajaran diberlakukan evaluasi kinerja dosen, seperti penghargaan nilai tepat waktu, pemberlakuan IPD hasil evaluasi mahasiswa, SAR, rumpun mata kuliah dan peningkatan kemmapuan pembelajaran dosen melalui P3AI, peningkatan metode pembelajaran melalui internet/web, di ITS telah disediakan SHARE-ITSCurriculum in English can be downloaded below:

[gview file=”http://202.46.129.126/docs/pages/Kurikulum/Catalogue_S1_2014-2019.pdf”]