Dalam menjalani proses studi, mahasiswa akan senantiasa didukung dan dibimbing dalam setiap permasalahan. Selain perwalian sebagai tempat diskusi mahasiswa sebelum mengambil mata perkuliahan, berikut adalah kegiatan yang ditawarkan oleh jurusan.

No. Jenis Pelayanan kepada Mahasiswa Bentuk kegiatan, Pelaksanaan dan Hasilnya
(1) (2) (3)
1 Bimbingan dan konseling Layanan konseling pribadi dan sosial disediakan oleh program studi bila mahasiswa mengalami problem pribadi, keluarga, maupun sosial. Layanan ini dapat melibatkan dosen wali, pengelola program studi, pimpinan jurusan, hingga pimpinan fakultas.
2 Minat dan bakat (ekstra kurikuler) Kegiatan ekstrakurikuler di ITS merupakan kegiatan yang terpadu dan mendukung kegiatan kurikuler yang berkaitan dengan minat dan kegemaran mahasiswa di bidang ilmiah, olahraga, kesenian, kerohanian, sosial kemasyarakatan dan kebangsaan. Kegiatan ekstra kurikuler dapat diikuti oleh mahasiswa, antara lain: a. LM ITS (Legislatif Mahasiswa ITS) b. BEM ITS (Badan Eksekutif Mahasiswa ITS) c. LMB (Lembaga Minat dan Bakat) d. HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) e. Unit Kegiatan Mahasiswa f. Tim Pembina Kerohanian (TPK)
3 Pembinaan soft skills Peningkatan soft skill melalui kegiatan berbagai kegiatan seperti lokakarya, pelatihan, seminar nasional, seminar internasional yang dilakukan baik di tingkat jurusan, fakultas maupun institut. Kegiatan soft skill ini dinilai di dalam SKEM dan merupakan persyaratan kelulusan dengan nilai 1000 untuk program S1
4 Beasiswa Beasiswa diberikan untuk mahasiswa berprestasi dan di ITS total terdapat 53 jenis beasiswa yang berasal dari berbagai instasi seperti Industri termasuk Perusahan Asing, Yayaasan Pendidikan dan Instasi Pemerintah
5 Kesehatan ITS mempunyai medical center yang mempunyai fasilitas yang cukup lengkap dengan pelayanan meliputi pemeriksaan oleh dokter, dokter gigi dan cek kesehatan. Setiap mahasiswa gratis menggunakan layanan kesehatan yang ada di sana.
6 Lainnya Fasilitas internet gratis merupakan pelayanan bagi mahasiswa guna menunjang kegiatan pembelajaran Ruang Baca dan Ruang Komputer.

Berikut adalah tabulasi dosen wali dan jumlah mahasiswa yang dibimbing (data tahun 2010).

No Nama Dosen Pembimbing Akademik Jumlah Mahasiswa Bimbingan Rata-rata Banyaknya Pertemuan/mhs/semester
(1) (2) (3) (4)
1 Prof. Ir. Wahyono Hadi, MSc. PhD. 12 3
2 Ir. M. Razif, MM. 24 3
3 Ir. Hari Wiko Indarjanto, M.Eng. 33 3
5 Prof. Dr. Yulinah Trihadiningrum, MAppSc. 18 3
6 Prof. Dr. Ir. S. Mangkoedihardjo, MScES. 20 3
7 Dr. Ir. Nieke Karnaningroem, MSc. 18 3
8 Dr. Ir. Agus Slamet, MSc. 26 3
9 Prof. Ir. Joni Hermana, MSc.ES. PhD. 2 3
10 Ir. Atiek Moesriati, MKes. 26 3
11 Ir. Eddy Setiadi Soedjono, Dipl.SE. MSc. PhD. 16 3
13 Ir. Mas Agus Mardyanto, ME. PhD. 20 3
14 Ir. Bowo Djoko Marsono, MEng. 25 3
15 Ir. Didik Bambang Supriyadi, MT. 35 3
17 Susi Agustina Wilujeng, ST, MT. 20 3
18 Dr. Ir. Rachmat Boedisantoso, MT. 24 3
19 Abdu Fadli Assomadi, SSi, MT. 21 3
20 Dr. Eng, Arie Dipareza Syafei, ST, MEPM. 21 3
Total 437

Adapun proses pembimbingan akademik dijelaskan pada tabel di bawah ini:

No Hal Penjelasan
(1) (2) (3)
1 Tujuan pembimbingan Membantu kelancaran, mengembangkan kemampuan, dan menyelesaikan studi program sarjana
2 Pelaksanaan pembimbingan Setiap mahasiswa mempunyai dosen pembimbing akademik (dosen wali). Mahasiswa dapat berkonsultasi dengan dosen wali selama mengikuti studi di ITS. Pembimbingan dapat bersifat akademik maupun non-akademik. Pembimbingan yang berlangsung secara rutin adalah perwalian yang dilaksanakan pada awal semester. Pada perwalian tersebut, dosen wali dan mahasiswa mendiskusikan tentang prestasi mahasiswa pada semester yang telah lewat dan persiapan menghadapi semester yang akan datang. Berbagai problem yang dihadapi mahasiswa dapat dikonsultasikan kepada dosen wali untuk mendapatkan penyelesaian agar tidak berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa. Selain pertemuan rutin tersebut, konsultasi dapat dilaksanakan kapan saja bila mahasiswa menghadapi kendala belajar atau ada masalah serius yang mungkin dapat mengganggu kelancaran studinya.
3 Masalah yang dibicarakan dalam pembimbingan ~ Informasi tentang program pendidikan di ITS ~ Pertimbangan kepada mahasiswa tentang banyaknya kredit (sks) yang dapat diambil tiap semester ~ Arahan dalam menyusun rencana studi dan pertimbangan dalam memilih mata kuliah ~ Bantuan pemecahan masalah yang dihadapi mahasiswa
4 Kesulitan dalam pembimbingan dan upaya untuk mengatasinya Kesulitan yang mungkin terjadi adalah kurangnya keterbukaan mahasiswa dalam menyampaikan masalah yang dihadapinya, kemungkinan ada masalah pribadi atau keluarga yang serius. Dalam hal ada masalah yang berat sehingga dosen wali tidak mampu membantu menyelesaikan masalah tersebut, dosen wali dapat meminta bantuan pimpinan jurusan untuk mendapatkan bantuan psikologi dari pihak yang ahli, seperti SAC (Student Advisory Center) – ITS.
5 Manfaat yang diperoleh mahasiswa dari pembimbingan Manfaat yang diperoleh mahasiswa adalah mahasiswa mendapat pelayanan yang baik untuk kelancaran studinya. Dengan bantuan dosen wali, mahasiswa dapat merancang studi dengan baik dan mengetahui konsekuensi dari setiap pilihan, seperti pilihan mata kuliah, pilihan topik tugas akhir, pilihan kegiatan kemahasiswaan, dan sebagainya karena telah berkonsultasi dengan dosen wali yang telah berpengalaman dalam membimbing mahasiswa.

Dalam pengembangan