Visi, misi, tujuan, dan sasaran dari Program Studi diturunkan dari visi, misi, tujuan, dan sasaran dari dari jurusan (Jurusan Teknik Lingkungan), sedangkan milik Jurusan ini merupakan derivasi dari fakultas (Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan). Visi, misi, tujuan, dan sasaran dari Fakultas dijabarkan dari visi, misi, tujuan, dan sasaran dari ITS.
Sebagaimana disebutkan dalam Borang Unit Pengelola, Jurusan yang diwakili oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan dilibatkan dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang akan ditetapkan oleh Fakultas. Ketetapan dari Fakultas inilah yang kemudian dijabarkan di level Jurusan terkait dengan visi, misi, tujuan, sasaran Jurusan yang sekaligus merupakan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi. Penyusunan di tingkat Jurusan melibatkan Koordinator dan Sekretaris dari ketiga Program Studi, tim kurikulum, Komisi Pertimbangan Jurusan (KPJ), serta kelima kepala laboratorium yang ada. Program Studi Magister (S2) dan Program Studi Doktoral (S3) berada di bawah koordinator dan sekretaris Program Studi Pascasarjana Teknik Lingkungan ITS. Seluruh organisasi di ITS diatur oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 86 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja (OTK) ITS.
Hasil penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran inilah yang kemudian disosialisasikan ke semua stakeholders yang ada mulai dari para dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta pengguna alumni. Dalam sosialisasi ini masukan dari stakeholders sangat diperlukan untuk menajamkan visi yang ingin diwujudkan, misi yang ingin dilaksanakan, tujuan yang ingin dicapai, dan sasaran yang dipenuhi. Semua sosialisasi yang ada kepada stakeholders dilakukan secara terpisah dan dilaksanakan di Jurusan Teknik Lingkungan ITS.
Sebagai catatan, dengan diturunkannya Peraturan Pemerintah nomor 54 tahun 2015 tentang Statuta Institut Teknologi Sepuluh Nopember (berstatus PTNBH), maka visi, misi, tujuan, dan sasaran dari ITS mengalami penyesuaian yang belum dimasukkan dalam visi, misi, tujuan, dan sasaran yang dibahas dalam Borang Program Studi ini. Demikian juga dengan akan didapatkan akreditasi internasional dari Asean University Network Quality Assurance (AUN QA) yang tentu saja dijadikan acuan untuk menetapkan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Teknik Lingkungan ke depan.

Visi:

Acuan di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan yang bereputasi internasional dalam peningkatan kualitas lingkungan.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dan pascasarjana di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan yang bereputasi internasional.
  2. Mengembangkan IPTEK di bidang rekayasa dan manjemen lingkungan yang mengutamakan kualitas lingkungan hidup, termasuk wilayah pesisir.
  3. Mendiseminasi dan mengaplikasikan secara aktif karya inovasi teknologi dan metoda dalam penyelesaian permasalahan kualitas lingkungan.
  4. Menjaring jejaring kemitraan dengan instansi pemerintah dan swasta / industri di dalam dan di luar negeri di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan.
  5. Menumbuhkembangkan nilai etika, moral, sikap dan softskills civitas akademika.