Acuan di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan yang bereputasi internasional dalam peningkatan kualitas lingkungan.

  1. Menyelenggarakan pendidikan sarjana dan pascasarjana di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan yang bereputasi internasional.
  2. Mengembangkan IPTEK di bidang rekayasa dan manjemen lingkungan yang mengutamakan kualitas lingkungan hidup, termasuk wilayah pesisir.
  3. Mendiseminasi dan mengaplikasikan secara aktif karya inovasi teknologi dan metoda dalam penyelesaian permasalahan kualitas lingkungan.
  4. Menjaring jejaring kemitraan dengan instansi pemerintah dan swasta / industri di dalam dan di luar negeri di bidang rekayasa dan manajemen lingkungan.
  5. Menumbuhkembangkan nilai etika, moral, sikap dan softskills civitas akademika.

Nilai-nilai yang ingin ditanamkan oleh Departemen Teknik Lingkungan adalah:

  1. Etika dan Integritas (Ethics and Integrity); dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara, maupun menjalankan profesinya, selalu berpegang teguh pada norma-norma dan peraturan-peraturan yang berlaku di masyarakat, negara, dan agama
  2. Kreativitas dan Inovasi (Creativity and Innovation); selalu mencari ide-ide baru untuk menghasilkan inovasi dalam menjalankan tugas/perannya dengan lebih baik
  3. Ekselensi (Excellence); berusaha secara maksimal untuk mencapai hasil yang sempurna
  4. Kepemimpinan yang kuat (Strong Leadership); menunjukkan perilaku yang visioner, kreatif, inovatif, pekerja keras, berani melakukan perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik, dan bertanggung jawab
  5. Sinergi (Synergy); bekerja sama untuk dapat memanfaatkan semaksimal mungkin potensi yang dimiliki
  6. Kebersamaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial (Socio-cohesiveness and Social Responsibility); menjaga kerukunan dan peduli terhadap masyarakat sekitar
  1. Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berkepribadian luhur, beretika, bermoral akademik, memiliki sikap dan tata nilai yang kuat.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu merancang bangun rekayasa di bidang teknik lingkungan, menghasilkan inovasi dalam mencegah dan menerapkan pengendalian pencemaran, dan mengaplikasikan teknologi inovatif dan merancang solusi pemulihan lingkungan dari bahan pencemar, yang berorientasi pada kemutakhiran serta menyebarluaskannya melalui publikasi ilmiah di tingkat nasional atau internasional.
  3. Menguasai prinsip-prinsip dasar konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa, dasar teknologi pengendalian dan proses pencegahan pencemaran lingkungan, dan prinsip-prinsip dasar teknologi terbaru dan terkini, serta proses pemulihan lingkungan tercemar.
  4. Mampu mengelola pekerjaan dan mengambil keputusan yang tepat berdasar pada identifikasi masalah, analisa informasi dan data dengan berbekal wawasan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang mencakup aspek lingkungan dan permukiman, kelautan, energi, dan teknologi informasi serta mengedepankan kepedulian sosial.